Kamis, 15 November 2012

Pemuda-pemuda sahabat nabi sebagai Agen Perubahan



Pemateri: Ustad. Sulwan
“Beri aku sepuluh pemuda maka aku akan mengubah dunia ini” kalimat tersebut merupakan sepenggal kalimat dari pidato seorang tokoh yang yang terkenal di Indonesia, siapalagi kalau bukan Ir.Soekarno. Lain hal dengan Rasulullah saw untuk mencetak pemuda yang luar biasa, beliau lebih menekankan pada pengajaran semenjak dini. Dari pengajaran semenjak dini yang dilakukan Rasulullah tercetaklah pemuda-pemuda luar biasa.
Terdapat tujuh belas nama remaja-remaja yang mengelilingi nabi. Pada pemuda-pemuda tersebut Rasulullah memberikan sentuhan-sentuhan berupa didikan yang luar biasa. Berikut ini perjuangan beberapa pemuda yang sangat berpengaruh dalam islam:
1.       Ali bin Abi Thalib
Pemuda ini memiliki kecerdasan yang luar biasa. Ketika berumur 10 tahun dia dengan beraninya menerima tantangan rasul  untuk membela rasul dalam berdakwah walaupun orang disekelilingnya tidak membela Rasul. Ali bin Abi Thalib didik langsung oleh Rasulullah saw

2.       Umar bin Jabbal
Saat itu Rasul belum hijrah ke Madinah dan mengutus seorang sahabat muda. Sahabat yang diutus tersebut merupakan keturunan bangsawan dan kaya raya. Saat tersentuh dengan islam dia hidup dengan sederhana dan menjalankan perintah nabi untuk berdakwah di Madinah. Saat sahabat nabi itu memberikan pengajian, Umar bin Jabbal tertarik dengan kajian tersebut dan akhirnya masuk Islam. Beliau pernah menjadi wakil Rasulullah saw yaitu menjadi gurbernur di Yaman saat dewasa. Saat itu belum semua penduduk Yaman belum agama islam.

3.       Usamah bin Zaid
Beliau merupakan satu-satunya sahabat yang dicantumkan dalam Al-Quran .Ketika di Madinah, Rasulullah pernah memimpin pasukan menghadapi serbuan tentara romawi. Saat Rasulullah berhasil menahan, kemudian mereka menyerang lagi lalu Rasulullah memerintahkan Usamah bin Zaid memimpin pasukan, saat itu dia masih berusia 18 tahun dengan jumlah pasukan yang dia pimpinnya yaitu sebanyak 4000 orang.

4.       Zaid bin Khabid
Pemuda ini merupakan pakar ilmu waris. Dia pernah diamanahkan untuk menjadi pemimpin tim dalam pembukuan Al-Qur’an.

Selain itu masih banyak lagi pemuda-pemuda hebat yang lainya dalam islam. Setiap remaja yang berhubungan dengan Rasulullah menjadi orang yang luar biasa pada bidang mereka. Keseragaman pada pemuda-pemuda tersebut yaitu semenjak kecil Rasulullah telah menanamkan kepada mereka tentang tauhid dan tujuan hidup di dunia.
Bila ingin menjadikan remaja yang tangguh, sejak dini sudah harus dididik dan dibiasakan. Karena perilaku seseorang berdasarkan pada pikirannya.  Yang harusnya dilakulakukan oleh remaja-remaja:
·         Bila kita menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan kita untuk menuju surga.
·         ‘maukah kalian aku beritahukan dan dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan meninggikan derajat kalian?,’ ‘mau ya Rasul’ kemudian Rasul bersabda “sempurnahkan wudhu ketika tertimpa kesulitan, sempurnahkan langkah ke mesjid, menunggu shalat fardu seteleah selesainya shalat fardu, sesungguhnya ketahuilah itu adalah riban.
·         Melakukan segala sesuatu karena mengharapkan ridha Allah.
·         Memperbanyak sujud.
·         Terbiasa untuk shaum.
Oleh:IH

Tidak ada komentar: