Kamis, 25 Oktober 2012

Kedokteran Nabi



Pemateri : ust. Abdul Aziz, SKM
Kedokteran nabi berdasar pada wahyu Allah. Allah telah menjelaskan bahwa Dia tidak akan menurunkan suatu penyakit yang tidak ada obatnya dalam QS. Al-maidah (6) … Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. Kesimpulan ayat tersebut adalah Allah mencintai hambanya maka Allah akan melindunginya. Ilmu kedokteran merupakan ilmu yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Sekarang ini ilmu kedokteran telah berkiblat pada kedokteran barat .

Bila kita membandingkan kedoktran nabi dengan kedokteeran umum. Dapat kita lihat pada tiga formula medis dalam kedokteran nabi, diantaranya yaitu:
1.         Menjaga kesehatan
Kesehatan itu seperti mahkota bagi orang-orang yang sehat.  Salah satu contohnya dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah : 185 “…dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu...”. Orang yang sakit dianjurkan untuk berbuka ketika berpuasa karena ditakutan dapat memperparah sakitnya.

Contoh lainnya juga dipaparkan dalam QS. An-nisa:43 “…kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun”. Bila kita tidak mendapatkan air untuk mensucikan diri kita dapat melakukan tayamum sehingga tidak ada alasan untuk tidak menjaga kesehatan. Cara lain kita menjaga kesehatan yaitu dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan.

2.         Unsure yang dilarang
Jangan sampai tubuh masuk unsure yang berbahaya Dalam islam sesuatu unsure yang berbahaya itu dilarang.

3.         Sudah masuk segera dikeluarkan
Bila sudah masuk unsure yang dilarang maka bersegeralah mengeluarkan unsure tersebut.

Terapi Kedokteran Nabi
Olahraga. Berenang dianjurkan dalam hadist dan merupakan obat yang baik untuk menyebuhkan asma. Dan olahraga yang paling baik dan paling simple adalah jalan
Konsumsi makanan yang seimbang (Karbohhidrat, protein, lemak)
Pencegahan penyakit
-            Menghindari dari hal-hal yang menimbulkan sakit
-            Menghindari dari hal-hal yang memperparah sakit (misalnya saat puasa, maka sakit akan bertambah jadi lebih baik dicegah)
Rahasia para sahabat nabi tetap sehat yaitu mereka makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Keuntungan kita berobat dengan pengobatan nabi diantarnya yaitu kita dapat memperoleh pahala karena kita menjalankan sunnah nabi. Selain itu kita dapat menjaga kesehatan kita agar lebih baik. Kedokteran nabi yang berdasarkan pada wahyu Allah lebih memfokuskan pada bagaimana orang sakit itu sembuh dan bagaimana orang sehat tidak sakit. ^^
Oleh: Imaniyah Husni
Sumber gambar:http://maramissetiawan.files.wordpress.com/2012/05/obat.jpg

Tidak ada komentar: