Sabtu, 13 Oktober 2012

Ibnu Sina Sang Bapak Kedokteran Islam bagian 1

Ibnu Sina memiliki nama asli Abū ʿAlī al-Ḥusayn ibn ʿAbd Allāh ibn Sīnā hidup selama tahun 980 – 1037 masehi. Beliau juga dikenal dengan nama Avicenna di kalangan orientalis Barat. Beliau selama ini dikenal sebagai bapak perubahan kedokteran, bukan hanya kedokteran Islam saja tapi juga kedokteran Barat.Selain itu beliau juga ahli di berbagai bidang seperti filosofi, astronomi, kimia, geologi, theologi Islam, logika, matematika dan fisika.

Karyanya berjumlah sekitar 450 lebih yang sekitar 150 merupakan karya di bidang filosofi maupun keagamaan dan sekitar 40 merupakan karya yang terkonsentrasi di bidang kedokteran. Karyanya yang terkenal antara lain Qanun fil thibb atau canon of medicine yang merupakan ensiklopedia kedokteran yang membahas seluruh sistem-sistem kedokteran. Canon of medicine karya Ibnu Sina digunakan sebagai buku teks mahasiswa kedokteran di Universitas Montpellier dan Leuven sampai tahun 1650.
Kisah-kisah mengenai awal kehidupannya kurang banyak dibukukan. Hanya beberapa sumber saja seperti catatan muridnya Jūzjānī. Ibnu Sina lahir di daerah dekat Bukhara pada 980 m. Bukhara merupakan ibukota dari Samanids yang masuk dalam daerah kerajaan Persia. (bersambung)
Sumber gambar: geocurrents.info

Tidak ada komentar: